Penerapan Teknologi Text To Speech

Aplikasi Speech Synthesizer Menggunakan Visual Basic
Oleh Kukuh Yudhistiro, 2008
Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro


Laboratorium Bahasa Inggris merupakan fasilitas yang sangat penting untuk menunjang keefektifan dan keefisienan proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah atau lembaga pedidikan lain. Laboratorium ini dilengkapi fasilitas dan perangkat yang memudahkan proses mengajar bagi guru dan belajar bagi murid. Sebagai contoh, laboratorium Bahasa Inggris saat ini memungkinkan seorang guru untuk mengajar listening dan reading dengan memutar materi conversation atau materi pembelajaran lain yang berbentuk kaset, CD, dan VCD melalui sebuah CD player, komputer atau tape recorder yang akan didengarkan oleh murid melalui headset yang sudah dipasang di setiap bangku.
Pesatnya perkembangan materi dan metode pembelajaran Bahasa Inggris, sekolah diperhadapkan dengan kebutuhan untuk memperlengkapi bahan pengajaran seperti CD atau kaset pelajaran Bahasa Inggris yang harganya relatif mahal dan berisiko mengalami kerusakan seiring waktu pemakaian. Masalah penting lain yang terjadi adalah guru kurang fleksibel dalam membuat sendiri materi pembelajaran dalam laboratorium karena keterbatasan sumber dana untuk mengoleksi CD/kaset dan hanya bergantung pada bahan yang ada pada CD/kaset yang sudah tersedia di pasaran saja. Dalam hal ini guru tidak maksimal dalam memberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan siswa.
Kehadiran teknologi speech synthesizer (pensintesa ucapan), yang dikenal pula dengan istilah sistem Text-To-Speech (TTS), dapat melakukan konversi dari teks yang dihasilkan komputer ke dalam bentuk pengucapan (audio), dimana pengucapan yang dihasilkan dapat diatur kecepatannya, intonasi (prosodi), serta format audio outputnya untuk disimpan dalam bentuk file audio. Teknologi TTS diharapkan semakin mengefektifkan proses belajar dan mengajar serta melengkapi media pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada laboratorium Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Malang.


PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan dalam penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut:
  • Bagaimana membuat sistem belajar dan mengajar yang efektif dan efisien pada laboratorium Bahasa Inggris sekolah?
  • Bagaimana cara menciptakan media pengajaran Bahasa Inggris pada laboratorium Bahasa Inggris dengan program aplikasi (software pensintesa suara) berbasis teknologi Text-To-Speech?
TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan perumusan masalah di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah:
  • Untuk menciptakan sistem belajar dan mengajar yang efektif dan efisien pada laboratorium Bahasa Inggris di sekolah.
  • Untuk menciptakan media pembelajaran Bahasa Inggris pada laboratorium Bahasa Inggris di sekolah dengan program aplikasi (software pensintesa suara) berbasis teknologi Text-To-Speech.
MANFAAT PENELITIAN
Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan didapat dari penelitian software pensintesa ucapan pada laboratorium Bahasa Inggris:
  1. Bagi guru dan sekolah
    • Pada saat mengajar di laboratorium Bahasa Inggris, guru dapat menggunakan program aplikasi media pembelajaran yang dapat mengkonversi input berupa tulisan berbahasa Inggris pada komputer ke dalam bentuk suara atau pengucapan secara otomatis. Sistem seperti ini akan membuat mengajar lebih efektif dan efisien.
    • Guru dapat memasukkan tulisan atau artikel berbahasa Inggris yang disesuaikan dengan metode mengajarnya atau kebutuhan siswa ke dalam software untuk diucapkan secara otomatis oleh komputer.
    • Guru dapat mengatur kecepatan (rate) pengucapan teks dan menghentikan (pause) proses pengucapan dimana saja pada suatu kalimat, sehingga akan sangat menolong bagi siswa yang masih kesulitan dalam hal listening maupun speaking untuk belajar secara perlahan.
    • Guru dapat menyimpan hasil pengucapan teks tersebut ke dalam format audio, sehingga dapat disimpan dalam sebuah compact disc atau media penyimpanan lain untuk diputar kembali dan bersifat portable.
    • Dengan adanya program pensintesa suara ini, guru tidak lagi kesulitan mencari materi pengajaran, tidak lagi hanya bergantung pada CD/kaset pembelajaran Bahasa Inggris yang ada, sehingga guru dapat mencari materi berupa teks atau membuat materi sendiri.
    • Dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian CD/kaset pembelajaran Bahasa Inggris yang relatif mahal.
    • Karena sistem pembelajaran ini tidak memakai hardware pemutar piringan CD atau kaset, maka hal ini sangat efisien dalam mengurangi resiko aus atau kerusakan pada perangkat-perangkat keras tersebut.
  2. Bagi siswa:
    • Siswa terlatih dalam hal listening karena suara yang dihasilkan speech synthesizer ini merupakan rekaman ribuan diphone dari orang berbahasa Inggris murni yang terdapat dalam sebuah database diphone.
    • Siswa sendiri dapat membuat latihan listening sendiri sesuai kebutuhannya.
Manual:

  • User dapat memilih tipe suara

Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro
 User dapat mengatur audio output dan format audio
 Pada saat Tombol Speak diklik, teks yang diblok merupakan teks yang sedang diucapkan oleh program
Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro
 Untuk keperluan Listening, seringkali perlu fasilitas Pause. untuk melanjutkan tekan Resume.
Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro
 Jika ingin mengganti teks, user dapat Copy Paste langsung ke area teks atau Open Text File
Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro
Hasil text to speech dapat disimpan dalam format audio WAV. 
Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro
Bentuk aplikasi lain: 
Visual basic Text to speech by kukuh yudhistiro


Komentar